Subscribe RSS
Daerahku Sep 14

Kota Pematangsiantar (sering disingkat Siantar saja) adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara, dan kota terbesar kedua di Provinsi tersebut setelah Medan. Karena letak Pematangsiantar yang strategis, ia dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Kota ini memiliki luas wilayah 79,97 km2 dan berpenduduk sebanyak 247.411 jiwa (2015), dimana Laki-laki berjumlah 120.597 jiwa Dan perempuan 126.814 jiwa.

Kota Pematangsiantar yang hanya berjarak 128 km dari Medan dan 50 km dari Parapat sering menjadi kota perlintasan bagi wisatawan yang hendak ke Danau Toba . Di kota ini masih banyak terdapat sepeda motor BSA model lama sebagai becak bermesin yang menimbulkan bunyi yang keras.Penduduk di kota siantar umumnya adalah suku Batak SimalungunBatak TobaSuku Jawa dan sebagian kecil TionghoaBatak Karo dan suku lainnya. Mayoritas penduduk siantar menganut agama Kristen.

Keunikan Kota Asalku Kota Pematang Siantar

1.Becak Siantar

Menikmati keliling Kota Pematang Siantar dengan becak memang sangat mengasyikkan. Hampir sebagian besar becak disini menggunakan motor BSA. Ya inilah uniknya Pematang Siantar yang tidak bisa ditemui di kota lain di Indonesia. Bahkan saat ini katanya Pematang Siantar adalah kota dengan populasi jumlah sepeda motor BSA terbesar di dunia.Jumlah becak motor BSA yang ada di Pematang Siantarmasih ada lebih dari 300. Jumlah yang cukup besar mengingat sepeda motor BSA diproduksi dalam jumlah yang tidak banyak.

2.Patung Dewi Kwan Im

Siantar juga terkenal dengan kota dengan tingkat toleransi beragama yang sangat tinggi. Keanekaragaman beragama di Indonesia, berjalan sangat baik di kota ini. Hal ini dapat kita lihat dari keanekaragaman tempat beribadah. Tidak ada satu aliran agama yang mencolok di kota ini, bisa dikatakan bahwa tempat-tempat beribadah di kota ini sangat besar. Tidak ada salahnya jika kita jadikan objek wisata rohani. Mungkin tidak sedikit yang masih enggan mengenal keunikan bangunan-bangunan rumah ibadah.
Jika singgah ke Pematang Siantar, sempatkanlah untuk mampir ke Maha Vihara Vidya Maitreya. Tempat ini menjadi salah satu pilihan karena dari halaman saja sudah sangat mencolok. Betapa tidak, ada patung besar berada di halaman depan. Sebelum kita masuk melangkah ke dalam Vihara ini, patung tersebut dapat dijadikan objek foto. Karena bentuk patung yang cukup besar. Jarang sekali kita dapat berdiri dekat dengan objek patung-patung besar di Indonesia ini.
3.Ulos
Yang nggak kalah menarik juga adalah tenunan ulos, banyak para penenun ulos berada di kota Pematang Siantar, berikut adalah salah seprang penenun ulos sedang menenun ulos .
http://www.antarasumut.com/wp-content/uploads/2013/07/TENUN-ULOS.jpg
Setahu saya ada juga ulos yang sampai puluhan juta harganya , itu tergantung tingkat kerumitan dan lama pembuatan ulos tersebut. Biasanya yang paling murah adalah seharga Rp.30.000,00 -. Dalam adat Batak diwajibjkan harus memakai ulos dan sewaktu pemakaian ulos tergantung pada jabatan seseorang tersebut dalam acara tersebut, oleh karena itu ulos masih sangat sakral bagi orang Batak.
4.Museum Simalungun
Bangunannya diapit oleh dua bangunan besar yaitu Gereja GKPS Sudirman dan Kantor Polres Sudirman. Nggak perlu berpikir panjang dong saya langsung mampir.Bangunan Museum Simalungun yang terletak di Kota Pematang Siantar ini berbentuk rumah adat yang sangat menarik. Namun jangan dikira bentuknya seperti Rumah Bolon (rumah adat Sumatera Utara) yang banyak di temui di sekitaran Pulau Samosir. Bentuknya sangat berbeda dengan Rumah Bolon. Mungkin bentuk bangunan seperti ini adalah ciri khas bangunan asal Simalungun. Hal yang paling membedakan adalah bentuk atapnya. Sedangkan untuk fungsi bangunannya sepertinya sama saja, berupa rumah panggung yang ruang utamanya ada di lantai dua. Selain pada atap, ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan rumah adat ini juga sudah sangat berbeda. Namun warna merah, putih, dan hitam masih sangat mendominasi.
Secara garis besar, koleksi Museum Simalungun terdiri dari peralatan pertanian, peralatan rumah tangga, peralatan perikanan, alat-alat kesenian, dan perhiasan. Nama-nama peralatan yang menjadi koleksi museum ditulis dalam bahasa batak misalnya hudali (cangkul), pinggan pasu (piring untuk raja), hail (kail), dan lain sebagainya. Dari segi ragam koleksi nggak terlalu banyak jenisnya. Sebagian barangnya ya itu-itu aja walaupun disimpan di tempat yang berbeda.
Karena ini adalah Museum Simalungun, jadi koleks-koleksi yang ada memang benar-benar ciri khas Simalungun yang berbeda dengan daerah lain di Sumatera Utara. Misalnya saja untuk pakaian adat. Pakaian adat Simalungun tidak disebut Ulos, melainkan Hiou. Kalau yang saya lihat sih jenisnya serupa, hanya ornamen-ornamen pada kainnya saja yang lebih ramai dengan berbagai motif.
Kebudayaan Simalungun yang tergambar di Museum Simalungun nggak melulu asli dari wilayah Simalungun. Ada juga beberapa kebudayaan yang mengadopsi dari Jawa. Yang paling terlihat adalah pada alat musik yang menyerupai gamelan. Ada gendang, gong, dan sejenisnya.
5.Roti Ganda
Hasil gambar untuk roti ganda siantarRoti Ganda merupakan oleh-oleh khas dari Pematang Siantar, dimana-mana kalau orang sudah tahu kita adalah orang Siantar atau hendak pergi ke Siantar pasti tidak akan lupa untuk tidak mengatakan “Bawa Kue Ganda ya!” . Kalau bagi orang Siantar kue ganda udah ga asing lagi dan mungkin malah ada yang bosan, tapi tunggu dulu rasanya memang enak juga lezat selain itu harganya juga bisa dibilang murah. Ini pelayannya lagi jualin roti Gandanya, yang sedang diolesin itu adalah selai srikaya.
  Roti Ganda ini sebenarnya adalah Kue Bolu. Namun yang lebih terkenal adalah Roti Srikaya. Roti yang diolesi oleh selai yang terbuat dari Srikaya. Walau di seantero sumatera utara banyak menyajikan selai srikaya, namun srikaya produksi Toko Ganda (tempat penjualan Roti Ganda) berbeda dari yang lainnya. Mungkin karena itulah kenapa Roti Ganda begitu terkenal di Sumatera Utara dan Indonesia khususnya di Siantar. Tempat Toko Ganda berada di pusat kota (Jl.Sutomo) Siantar, anda tidak akan linglung alias tersesat, karena bila anda bertanya kepada siapapun disana pasti mereka akan memberitahu anda dimana itu Toko Ganda. Namun tidak hanya rasa srikaya saja namun banyak juga pilihan aneka roti dan kue lainnya.
Category: Daerahku
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in